Minggu, 20 Desember 2009

Jaga Postur Tubuh Anda

Manfaat Menjaga Postur Tubuh Tetap Tegak
By Petti Lubis, Mutia Nugraheni - Jumat, 18
VIVAnews
- Menjaga postur tubuh agar selalu dalam keadaan tegak memiliki banyak manfaat. Bukan hanya membuat bentuk tubuh menjadi lebih bagus dan terlihat langsing tetapi juga menyehatkan.

"Menjaga postur tubuh sangat penting untuk kesehatan. Sama seperti mengatur pola makan, olahraga dan tidur yang cukup," kata Thomas Konicki, seorang ahli ortopedi, seperti VIVAnews Real Beauty. Berikut manfaat dari menjaga postur tubuh.

- Terhindar dari sakit punggung

Duduk di depan komputer seharian dalam posisi duduk membungkuk meningkatkan tekanan pada pinggul. Hal itu bisa menimbulkan degenerasi otot dan ligamen. Efek jangka panjangnya adalah sakit punggung dan hernia. Dengan duduk tegak, Anda bisa terhindar dari dua gangguan tersebut.

- Lebih berenergi

Berpostur tegak bisa membuat sirkulasi darah lebih lancar sehingga pikiran lebih fokus serta energi lebih baik. Jika Anda duduk membungkuk, paru-paru tertekan dan membuat oksigen yang masuk menjadi terhambat. Sehingga peredaran darah menjadi tidak lancar dan Anda mudah lelah.

- Terhindar dari sakit kepala

Sakit kepala sering timbul karena penggunaan komputer atau ponsel yang terlalu lama. Saat menggunakan komputer atau ponsel dalam waktu lama tubuh cenderung membungkuk dan hal ini menimbulkan tekanan pada saraf dan menghambat aliran darah blood ke kepala sehingga menimbulkan rasa sakit. Jadi, usahakan untuk selalu duduk dalam keadaan tegak agar terhindar dari sakit kepala.

- Pencernaan lebih baik

Berdiri dan duduk dalam posisi yang tegak, membuat sistem pencernaan bekerja lebih baik, sehingga sistem pengeluaran pun lebih lancar. Jika setelah makan Anda duduk membungkuk di sofa otot perut bisa mengencang, dan memicu asam lambung naik ke saluran esofagus sehingga menimbulkan rasa nyeri pada dada.

Tidak ada komentar: