Jumat, 08 Juli 2011

Beragam pilihan Susu

Susu Kedelai atau Sapi, Pilih Mana ya?


MANFAAT kedelai masih menjadi perdebatan. Namun masyarakat telah menerima susu kedelai sebagai minuman sehat yang kaya protein. Kandungan seratnya pun jauh lebih banyak ketimbang susu sapi.

Secangkir susu kedelai mengandung hampir 7 gram protein, 4 gram karbohidrat, 4,5 gram lemak dan kolesterol. Namun vitamin B dalam susu belum tentu baik. Sedangkan satu cangkir susu sapi mengandung 8 gram protein dan 12 gram karbohidrat. Satu cangkir susu sapi memenuhi kebutuhan 30 persen kalsium dan 50 persen vitamin B12 orang dewasa per hari.

Keuntungan terbesar mengonsumsi susu kedelai adalah kadar isoflavon yang tinggi. Pada dasarnya isoflavon adalah bahan kimia yang sangat mirip dengan hormon estrogen. Isoflavon dapat mencegah beberapa jenis kanker, penyakit jantung, osteoporosis dan lain sebagainya.

Susu kedelai tidak bebas lemak karena terbuat dari kacang-kacangan. Tetapi kadar lemaknya 2% lebih rendah dibandingkan susu sapi. Sayangnya, susu kedelai tidak mengandung banyak kalsium.

Kandungan kalsium dalam susu kedelai hanya sekitar seperempat kalsium susu sapi. Banyak produsen susu kedelai menambahkan kalsium untuk produk mereka, tetapi penelitian mengatakan bahwa penambahan kalsium ini tidak menyehatkan seperti kalsium alami yang terdapat di susu sapi.

Jangan bingung, kalsium bisa diperoleh dengan mudah dari sumber lain, seperti sarden, kacang almon, dan beberapa jenis sayuran hijau. Tapi jika Anda tidak mengalami alergi dengan produk susu, Anda bisa mendapatkan kalsium dari yogurt dan keju.

Kedua susu, baik susu kedelai maupun susu sapi sama-sama mengandung vitamin, mineral dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi, hanya susu kedelai yang terbukti meningkatkan kesehatan. (kpl/***)

Tidak ada komentar: