Selasa, 08 Mei 2012

Tidak ada salahnya untuk mencoba

Teh Hijau Baik Bagi Kesehatan Orang Tua

Ghiboo.com - Orang dewasa tua yang teratur minum teh hijau terbukti lebih sehat dan lincah dibandingkan orang seusianya dari waktu ke waktu, demikian hasil penelitian yang dilakukan di Jepang, dilansir melalui Reuters, Senin (6/2).


Teh hijau mengandung sejenis antioksidan, yang dikenal sebagai EGCG, yang dapat mencegah kerusakan sel didalam tubuh. Bahkan, beberapa ahli juga mempelajari efek teh hijau dalam melawan kolesterol hingga risiko jenis kanker tertentu.


Untuk membuktikannya, ilmuwan Jepang melakukan riset yang melibatkan hampir 14.000 orang dewasa berusia 65 tahun atau lebih. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang minum teh hijau lebih banyak, cenderung tidak mengalami masalah fungsional selama tiga tahun ke depan.


Data yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan sekitar 13 persen orang dewasa yang kurang mengkonsumsi segelas teh hijau per hari berisiko mengalami masalah fungsional.


Masalah fungsional berhubungan dengan kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari, seperti menyelesaikan pekerjaan rumah tangga hingga kebutuhan dasar, seperti mandi dan memakai pakaian.


Menurut Tomata Yasutake, ketua penelitian dari Tohoku University Graduate School of Medicine, orang yang minum sedikitnya lima cangkir teh hijau setiap hari, memiliki kemungkinan sepertiga lebih rendah untuk terserang masalah fungsional dibandingkan mereka yang minum kurang dari secangkir sehari. Dan mereka yang rata-rata minum tiga atau empat cangkir sehari memiliki risiko 25 persen lebih rendah.


Meskipun demikian, penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau dapat meningkatkan kekuatan otot tungkai pada wanita berusia lanjut. Teh hijau dianggap aman jika dikonsumsi dalam jumlah cukup. Tapi perlu diingat, teh hijau juga mengandung kafein, yang bagi beberapa orang mungkin perlu untuk dihindari. Selain itu, teh hijau juga mengandung sejumlah kecil vitamin K yang dapat mengganggu kerja dari obat seperti Warfarin (mencegah pembekuan darah).



Tidak ada komentar: